AYO DI BACA DAN DI BAGIKAN..!! TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Usia 50 Tahun Ke Atas..!!


Bertambahnya usia dan menjadi tua adalah suatu keniscayaan. Dan bila Anda adalah seorang pria yang telah memasuki usia 50 tahun, yuk, tetap bugar dengan cara menjaga kesehatan tubuh berikut ini.

Semakin tua usia, kemungkinan masalah kesehatan juga lebih sering melanda tubuh. Khususnya untuk pria, gangguan pada prostat, penyakit jantung, stroke, demensia, atau diabetes adalah beberapa contoh penyakit yang rentan menyerang. Namun, jika Anda atau kerabat rajin merawat kesehatan tubuh dan mampu mengelola stres, masalah kesehatan yang berhubungan dengan usia mungkin dapat diperlambat atau bahkan dicegah. Tidak pernah terlalu dini atau terlalu terlambat untuk mengubah kebiasaan buruk dan memulai yang baik. Yuk, beri tubuh Anda perhatian dengan mempraktikkan cara menjaga kesehatan tubuh berikut ini...

Cek Kesehatan Tubuh Sekarang Juga
Cara menjaga kesehatan tubuh pria dapat dimulai dengan mengunjungi rumah sakit. Tak hanya wanita, pria juga harus rajin dan teratur memeriksakan kesehatan tubuh ke dokter. Medical check-up dapat membantu mengungkap tanda-tanda atau menjadi peringatan dini akan penyakit yang diderita. Jika diketahui lebih dini, penyakit pun dapat ditangani dengan lebih cepat.

Apa saja yang harus diperiksa? Anda bisa memulainya dari:

Testis, apakah ada benjolan yang tidak biasa.
Periksakan tekanan darah, level kolesterol, trigliserida darah, atau kelainan pada jantung.
Indeks massa tubuh, untuk mengetahui apakah Anda menderita obesitas (atau tidak). Obesitas bisa menimbulkan penyakit jantung atau diabetes.
Kadar gula dalam darah.
Prostat, terutama jika ada riwayat kanker prostat dalam keluarga.
Usus, untuk memeriksa apakah ada kanker, melalui pemeriksaan tinja atau kolonoskopi.
Kesehatan kulit, apakah ada tahi lalat atau bintik yang aneh.
Kunjungi dokter gigi setidaknya setahun sekali agar gigi tetap sehat.
Penglihatan cenderung memburuk sesuai dengan bertambahnya usia. Penyakit mata seperti glaukoma, katarak, retinopati diabetes, dan degenerasi makula dapat menyerang mereka yang sudah memasuki usia lanjut.
Kepadatan tulang, terutama bagi Anda yang terkena osteoporosis, tulang belakang cacat, osteopenia, atau pernah mengalami patah tulang.
Jika Anda merokok, periksakan aorta perut untuk mengetahui apakah Anda menderita pembengkakan di arteri terbesar tubuh tersebut. Pembengkakan pembuluh aorta perut dapat menyebabkan perdarahan yang berbahaya dan bahkan kematian. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kesehatan paru-paru.
Periksa apakah Anda menderita penyakit hepatitis atau tidak.
Makanan
Selain mengecek kondisi fisik tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki, cara menjaga kesehatan tubuh bagi pria juga bisa dilakukan dengan mengontrol asupan makanan dan minuman. Ada makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dan ada pula yang tidak.

Disarankan:

Mengandung potasium atau kalium yang mampu menurunkan tekanan darah.
Menurut penelitian, ceri mampu memulihkan fungsi otot, menghambat peradangan otot, mengurangi rasa sakit di otot, membantu mengurangi rasa sakit akibat asam urat dan osteoarthritis, serta memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.
Telur, kaya akan protein yang dapat membantu mengatasi berkurangnya massa otot. Selain itu, kandungan lutein pada telur dapat mengurangi risiko degenerasi makula, yaitu kondisi mata yang dapat menyebabkan kebutaan.
Cokelat hitam, kaya akan antioksidan yang mampu membantu mengurangi peradangan, risiko penyakit jantung, melindungi sel tubuh dari kerusakan, dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.
Buah beri. Menurut penelitian, buah beri dapat mengurangi risiko penyakit kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
Alpukat, kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol.
Kacang-kacangan, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mengurangi tekanan darah dan kadar gula darah.

Dihindari:

Makanan yang mengandung lemak tinggi.
Cokelat putih. Sebagian besar terbuat dari lemak tumbuhan dan gula tambahan. Itu membuat cokelat putih tinggi akan kalori.
Daging merah berlemak.
Acar, mengandung banyak garam yang bisa menyebabkan resistensi cairan dan meningkatkan tekanan darah.
Jangan lupa untuk melakukan olahraga sehingga tubuh tetap kuat. Olahraga juga membantu membentuk pikiran yang positif dan mencegah depresi.

Semakin bertambah usia, kesehatan tubuh juga harus semakin diperhatikan. Perhatikan cara menjaga kesehatan tubuh di atas untuk diri Anda, orang tua, maupun kerabat yang sudah mencapai usia lanjut.
AYO DI BACA DAN DI BAGIKAN..!! TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Usia 50 Tahun Ke Atas..!! AYO DI BACA DAN DI BAGIKAN..!! TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Usia 50 Tahun Ke Atas..!! Reviewed by Unknown on 3:00 PM Rating: 5