Inilah Jamur Enoki, Si Lezat Pencegah Kanker


Walau bertubuh kecil serta langsing, jamur enoki dapat memberi banyak nutrisi serta faedah untuk kesehatan badan manusia.

Jamur enoki atau enokitake adalah type jamur yang bisa dikonsumsi. Jamur ini berupa seperti batang kurus berwarna putih. Jamur yang mempunyai nama latin Flammulina velutipes ini umumnya jadikan bahan untuk bikin sup serta hidangan lain. Jika Anda beli jamur enoki dalam jumlah besar, janganlah takut busuk. Jamur enoki bisa disimpan dalam almari es sepanjang lebih kurang 1 minggu. Serta yang terutama, jamur enoki mempunyai segudang nutrisi yang berguna.


Kandungan serta Faedah Jamur Enoki 
Dalam 100 gr jamur enoki mentah kurang lebih terdapat air, daya, karbohidrat, kalium (potasium), fosfor, magnesium, niacin, folat, vitamin D, serta banyak nutrisi yang lain. Jamur enoki juga mengandung anti-oksidan sampai 99, 7% yang dapat menghindar serangan radikal bebas. Anti-oksidan ergothioneine dalam jamur ini disangka dapat membuat perlindungan sel badan dari rusaknya yang dikarenakan oleh spesies nitrogen reaktif serta radiasi UV.

Jamur enoki kaya polisakarida yang dapat dipakai sebagai bahan makanan kesehatan serta dan product kosmetik. Banyak serat dalam jamur enoki disangka bisa mempercepat penguraian cholesterol sampai kurangi tingkat trigliserida, cholesterol keseluruhan, lemak jahat atau LDL, serta fosfolipid dalam hati. Kandungan mycosterol dalam jamur enoki juga disangka mempunyai kekuatan untuk turunkan kandungan cholesterol keseluruhan serta LDL dalam darah.

Yang lebih hebat lagi, jamur enoki mempunyai zat antitumor flammulin yang disangka berperan sebagai agen antikanker payudara. Zat ini bekerja lewat cara menghalangi perkembangan sel kanker payudara.

Resep Masakan Jamur Enoki 
Terkecuali kaya gizi, jamur enoki juga lezat disantap. Dengan rasa yang manis, tidak heran bila jamur enoki jadi primadona bahan masakan di Korea, Vietnam, Jepang, serta Tiongkok. Bila Anda menginginkan coba memasak jamur enoki, tersebut satu diantara resep yang dapat Anda praktikkan.

Tumis Jamur Enoki serta Buncis

Bahan :

2 sendok makan bawang putih, cincang halus

Wortel

3 cangkir buncis, potong-potong

¼ cangkir jamur enoki

½ cangkir saus teriyaki

2 sendok makan air

1 cangkir daun bawang, potong-potong

Minyak seperlunya

Langkah bikin : 

Rebus jamur enoki di air mendidih sepanjang satu menit, saring, sisihkan.
Panasi minyak, tumis bawang putih sampai harum. Masukan wortel, buncis, serta air. Masak sepanjang 2 menit.
Masukan saus teriyaki, aduk-aduk sepanjang 3 menit sampai saus tercampur rata serta meresap.
Masukan jamur enoki serta daun bawang. Hidangkan.
Sup Seafood Pedas

Beberapa bahan : 

1 ekor ikan

2 ekor kepiting

1 lusin udang

1 ikat selada air

½ butir bawang bombay

½ bungkus tofu atau tahu

Lobak seperlunya

1 ikat jamur enoki

1 sendok makan bawang putih cincang

2 sendok makan bubuk cabai

2 sendok makan kecap

Garam seukupnya

Langkah bikin : 

Panasi 5 cangkir air dalam panci. Masukan bawang putih cincang, bawang bombay, bubuk cabai, garam, kecap, lobak. Masak sampai mendidih.
Masukan ikan, kepiting, serta udang. Tutup panci.
Saat seafood telah nyaris masak, masukan selada air, tofu, serta jamur enoki. Tutup panci kembali, masak sampai masak.
Sesudah tahu beragam faedah dari jamur enoki diatas, saat ini Anda dapat mulai memasukkannya kedalam menu keseharian. Bila Anda mempunyai keadaan medis spesifik, janganlah sangsi untuk mengonsultasikan dengan pakar gizi sebelumnya konsumsi jamur enoki.
Inilah Jamur Enoki, Si Lezat Pencegah Kanker Inilah Jamur Enoki, Si Lezat Pencegah Kanker Reviewed by Unknown on 7:30 PM Rating: 5