Berikut ini 5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Masa-Masa Kehamilan


Merupakan hal normal apabila ibu hamil merasakan gatal yang melebihi umumnya dibanding saat sebelumnya hamil. Ada bermacam aspek yang bisa menyebabkan rasa gatal pada ibu hamil, dari mulai hormon, keadaan kulit, sampai keadaan medis tertentu. 

Area badan yang paling gatal umumnya di bagian perut serta payudara. Apabila yang anda rasakan yaitu gatal-gatal enteng, biasanya dikira hal normal. Hampir 25 % ibu hamil alami rasa gatal, tetapi apabila gatal telah kronis serta meliputi hampir semua permukaan kulit badan, jadi anda tak bisa mengabaikannya lantaran ada kemungkinan dikarenakan oleh keadaan medis yang lebih serius. 


Tersebut disini sebagian penyebabnya rasa gatal pada ibu hamil yang umumnya bukanlah adalah keadaan serius. 

- Berlangsung penambahan supply darah ke kulit. 
- Melebarnya jaringan dibawah susunan kulit bersamaan membesarnya kandunganmu.  
- Kulitmu kering. 
- Berlangsung pergantian hormon yang menyebabkan rasa tak nyaman, termasuk juga gatal pada tangan, telapak tangan, kaki, dan perut. 
- Keadaan medis pada kulit yang umum berlangsung, seperti eksim. Saat anda hamil, datangnya eksim lebih susah diprediksikan. Bahkan juga anda dapat alami eksim untuk pertama kalinya. - --- -Disamping itu, apabila terlebih dulu anda telah pernah alami eksim, keadaan itu dapat lebih baik atau malah lebih buruk pada bebrapa saat kehamilan. 
- Iritasi kulit akibat infeksi jamur ataupun gigitan tungau. 
- Beberapa wanita bisa alami palmar erythema atau memerahnya sisi telapak tangan yang terkadang dibarengi rasa gatal. Penyebabnya keadaan ini sendiri yaitu meningkatnya kandungan hormon estrogen sepanjang kehamilan.

Terkecuali penyebabnya diatas, rasa gatal yang dirasa saat hamil dapat juga dikarenakan oleh keadaan medis yang lebih serius, seperti kolestasis obstetrik. Meskipun kolestasis obstetrik tidak sering berlangsung, tetapi keadaan ini memerlukan perhatian medis dengan cara spesial. Kolestasis obstetrik adalah masalah hati yang bisa berlangsung saat anda hamil. Pada keadaan normal, garam empedu mengalir dari hati ke usus untuk menolong mengolah makanan. Tetapi, pada keadaan kolestasis obstetrik, garam empedu tak mengalir seperti yang semestinya serta mandek didalam badanmu. 

Lantas Bagaimana Langkah Menangani Rasa Gatal yang Nampak? 
Saat anda rasakan gatal enteng, coba untuk lakukan sebagian langkah perlakuan di bawah ini. 

1. Hindarkan suhu panas. Termasuk juga janganlah mandi dengan air panas, terkena cahaya matahari terik dengan cara segera, ataupun menggunakan pakaian yang menjadikanmu gerah. Suhu panas bisa membuat kamu lebih rawan terasa gatal. Selain itu, suhu yang sangat panas juga tak baik untuk bayimu. 

2. Hindari product pembersih dengan kandungan minyak wangi ataupun detergen yang kuat lantaran dapat bikin kulitmu kering atau iritasi, dan lebih gampang menimbulkan rasa gatal. Demikian sebaliknya, pakai sabun lembut yang dapat melembapkan kulit atau sabun dengan kandungan pH seimbang. 

3. Usapkan losion calamine di ruang kulit yang gatal. Cream ini biasanya aman dipakai oleh ibu hamil untuk kurangi rasa gatal. 

4. Segarkan kembali kulitmu dengan cream pelembap yg tidak mengandung pewangi atau parfum. 

5. Bila anda mengalami eksim, tanyakan pada dokter mengenai cream maupun salep yang aman untuk dipakai. 

Apa yang perlu Dikerjakan apabila Langkah Itu Tetaplah Tak Sukses? 
Apabila anda telah meniti semuanya langkah diatas serta keadaanmu belum juga lebih baik sesudah satu minggu, periksakan pada dokter. Diluar itu, bedakan gatal enteng umum dengan rasa gatal yang mengisyaratkan kolestasis obstetrik. 

Pada kolestasis obstetrik, pasien rasakan gatal-gatal yang seringkali serta berlangsung di ruang kulit badan yang luas. Diluar itu, rasa gatal kerapkali lebih buruk saat malam hari. Anda dapat rasakan gatal pada telapak tangan atau telapak kaki. Walau anda alami rasa gatal yang biasanya tak dibarengi ruam kulit, tetapi beberapa wanita dapat juga alami ruam yang kronis. Disamping itu, tinja alami pergantian warna jadi pucat serta warna urine jadi gelap. 

Dokter bakal lakukan kontrol darah serta manfaat organ hati. Diluar itu, lantaran ada kaitan pada keadaan kolestasis obstetrik dengan melahirkan bayi dalam kondisi mati (stillbirth), dokter kandungan mungkin saja bakal tawarkan melahirkan dengan operasi caesar atau mungkin dengan induksi sesudah kandungan berumur 37 minggu.
Berikut ini 5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Masa-Masa Kehamilan Berikut ini 5 Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Masa-Masa Kehamilan Reviewed by Unknown on 7:30 AM Rating: 5