Susah Tidur Malam Saat Hamil Muda: Ini Penjelasan Dan Cara Mengatasinya !!


Susah tidur malam banyak dihadapi oleh ibu hamil tua atau saat memasuki trimester ketiga. Namun ternyata, susah tidur malam saat hamil muda juga tidak mustahil terjadi dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hamil trimester pertama merupakan masa yang penuh dengan perubahan fisik dan mental. Hal ini kemudian menyebabkan susah tidur malam serta gangguan tidur lain saat hamil muda.


Sebagian besar ibu hamil mengalami masalah tidur saat hamil. Pada saat hamil muda, banyak yang membutuhkan lebih banyak tidur. Sayangnya, kualitas tidur yang didapatkan para ibu hamil itu justru semakin turun.

Berikut beberapa alasan susah tidur malam saat hamil muda:

Peningkatan hormon progesteron
Meski ibu hamil muda sering merasa mengantuk seiring dengan peningkatan hormon progesteron, namun sayangnya, banyak yang mengalami gangguan kualitas tidur. Misalnya, sering terbangun saat tidur malam. Hal ini terbukti dalam sebuah studi yang meneliti pola tidur sekelompok wanita sebelum hamil dan setelah hamil. Total waktu tidur saat hamil muda mengalami peningkatan, hanya saja, para wanita tersebut tidak dapat mencapai tidur nyenyak (berkualitas) yang kemudian diiringi dengan rasa lemas hingga depresi.

Perubahan fisik yang mengganggu
Payudara saat hamial biasanya akan membesar dan nyeri saat tersentuh. Posisi tidur yang menekan payudara akan membuat ibu hamil muda sulit tidur. Apalagi jika ibu hamil terbiasa tidur tengkurap. Untuk itu, penting untuk menyesuaikan posisi tidur untuk ibu hamil muda. 

Rasa Mual
Rasa mual yang dialami saat hamil muda dapat dialami sepanjang hari, termasuk malam. Tidak jarang rasa mual bahkan sampai muntah akan menyebabkan susah tidur malam atau membuat ibu hamil terbangun lebih cepat dari jadwal tidur. Biasanya ini terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.

Sering buang air kecil
Hormon progesteron akan memengaruhi kelenturan otot dinding organ berkemih, sehingga ibu hamil kerap merasa ingin buang air kecil. Umumnya, ibu hamil terbangun untuk buang air kecil lebih dari satu kali pada malam hari. Hal ini tentunya akan menggangu waktu tidur malam.

Nyeri ulu hati
Nyeri ulu hati dapat menggangu tidur ibu hami muda, bahkan membuat sang ibu tetap terbangun sepanjang malam. Apalagi ditambah nyeri akibat wasir. Kondisi ini juga bisa menambah kesulitan ibu hamil muda untuk jatuh tertidur.

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil Muda

Untuk mengatasi susah tidur malam, ibu hamil muda dapat menyesuaikan beberapa kondisi seperti :

Memperbaiki posisi tidur. Ibu hamil sebaiknya membiasakan diri tidur miring ke sebelah kiri untuk meningkatkan aliran darah dan nutrisi pada janin, serta proses pembuangan dari ginjal. Hindari tidur tengkurap pada saat hamil.

Menyediakan waktu untuk tidur siang. Ibu hamil sering merasa mengantuk saat siang hari yang dipicu oleh hormon progesteron. Hal ini juga bisa menggantikan waktu tidur malam yang seringkali terganggu.

Mengutamakan minum air putih saat pagi dan siang hari. Namun, batasi minum beberapa jam sebelum memasuki waktu tidur.

Mengonsumsi camilan tiap beberapa jam dapat menghindari mual. Karena rasa mual dapat mengganggu waktu tidur Anda.

Mengganti lampu di kamar mandi dengan lampu redup sehingga tidak sulit bagi ibu hamil kembali tidur setelah terbangun.

Susah tidur malam banyak juga dialami ibu hamil muda. Namun, jika gangguan tidur terjadi berlarut-larut, segera konsultasikan dengan dokter.
Susah Tidur Malam Saat Hamil Muda: Ini Penjelasan Dan Cara Mengatasinya !! Susah Tidur Malam Saat Hamil Muda: Ini Penjelasan Dan Cara Mengatasinya !! Reviewed by Unknown on 10:30 PM Rating: 5