WAW SANGAT TIDAK DI DUGA TERNYATA ADA BEBERAPA WAKTU TIDUR YANG DILARANG OLEH ISLAM!! INI JANGAN ANDA ABAIKAN KARENA ADA FAKTANYA,SEMOGA BERMANFAAT


siapa katakan Islam cuma mengulas shalat, puasa, zakat dsb? Islam yaitu agama prima yang mengajarkan dengan detil, menyarankan tiap-tiap kebaikan ataupun melarang tiap-tiap keburukan dalam kesibukan kehidupan keseharian, termasuk juga tentang tidur!

Terkecuali mencontohkan adab tidur yang baik, Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam juga memposthukan sebagian larangan dalam tidur, apa saja itu?

1. Tidur di Pagi Hari Sesudah Shalat Shubuh dari Sakhr bin Wadi’ah Al-Ghamidi radliyallaahu ‘anhu sebenarnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

”Ya Allah, berkahilah untuk ummatku saat pagi harinya” (HR. Abu dawud 3/517, Ibnu Majah 2/752, Ath-Thayalisi halaman 175, serta Ibnu Hibban 7/122 dengan sanad shahih).
Ibnul-Qayyim sudah berkata mengenai keutamaan awal hari serta makruhnya menyia-nyiakan saat dengan tidur, di mana beliau berkata :

“Termasuk hal yang makruh untuk mereka – yakni orang shalih – yaitu tidur pada shalat shubuh dengan terbitnya matahari, lantaran saat itu yaitu saat yang begitu bernilai sekali. Ada rutinitas yang menarik serta agung sekali tentang pemakaian saat itu dari beberapa orang shalih, beberapa hingga meskipun mereka jalan selama malam mereka tak toleransi untuk istirahat pada saat itu sampai matahari terbit. Lantaran ia yaitu awal hari serta sekalian sebagai kuncinya. Ia adalah saat turunnya rizki, ada pembagian, turunnya keberkahan, serta darinya hari itu bergulir serta kembalikan semua peristiwa hari itu atas peristiwa waktu yang mahal itu. Jadi seyogyanya tidurnya ketika seperti itu seperti tidurnya orang yang terpaksa” (Madaarijus-Saalikiin 1/459).

Efek negatif yang bisa diakibatkan oleh tidur pada pagi hari pada kesehatan :

1. Permasalahan metabolisme. Badan akan tidak berperan sesuai sama ritmenya hingga memengaruhi kecepatan metabolism serta bisa bikin bobot badan bertambah.

2. Lesu. Badan memerlukan saat lebih lama untuk mengawali system serta tidak bisa berperan normal, hingga dengan tidur pada pagi hari bisa mengakibatkan tubuh jadi lesu.

3. Kehilangan saat produktif. Beberapa pakar berasumsi pagi hari yaitu saat paling produktif lantaran fikiran masihlah fresh. Bila tidur sangat lama jadi bakal kehilangan banyak saat produktifdalam satu hari.

2. Tidur Sebelumnya Shalat Isya’

Diriwayatkan dari Abu


Barzah
radlyallaahu ‘anhu : ”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelumnya shalat isya’ serta mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari 568 serta Muslim 647).

Sebagian besar hadits-hadits Nabi menjelaskan makruhnya tidur sebelumnya shalat isya’. Oleh karenanya At-Tirmidzi (1/314) menyampaikan : “Mayoritas pakar pengetahuan menyebutkan makruh hukumnya tidur sebelumnya shalat isya’ serta mengobrol sesudahnya. Serta beberapa ulama’ yang lain berikan kemudahan dalam permasalahan ini. Abdullah bin Mubarak menyampaikan : “Kebanyakan hadits-hadits Nabi melarangnya, beberapa ulama membolehkan tidur sebelumnya shalat isya’ spesial di bln. Ramadlan saja. ”

3. Tidur dalam Posisi Tengkurap

Dari Thakhfah Al-Ghifari r. a, salah seseorang diantara ash-habush shuffah (beberapa teman dekat yang tinggal di Masjid Nabawi) berkata : “Aku tidur di masjid pada akhir malam, lalu ada orang yang mendatangiku sedang saya tidur dengan posisi tengkurap. serta berkata : “Bangunlah dari tengkurapmu, lantaran tidur yang sekian yaitu tidurnya beberapa orang yng dimurkai Allah. ” Lalu saya angkat kepalaku, jadi saat kulihat ia yaitu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, jadi akupun lalu bangkit. ” (HR. Al-Bukhari, dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 1187, Ibnu Majah, no. 3723, Ahmad, no. 7981, At-Tirmidzi, no. 2768)

Dalam kisah Ibnu Majah dengan lafazh : “Ada apa denganmu hingga tidur dengan posisi seperti ini (tengkurap), tidur seperti ini yaitu tidurnya orang yang dibenci atau dimurkai Allah -Subhanahu wa Ta`ala-. ”

Mengenai sebab dibencinya tidur tengkurap ini diterangkan dalam hadits dari Abu Dzar -radhiallahu ‘anhu-, ia berkata :

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui di sisiku sesaat saya tengah tidur tengkurap, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam serta bersabda : ‘Wahai Junaidab, sebenarnya hanya tidur seperti ini yaitu tidurnya penghuni neraka’. ” (HR. Ibnu Majah, no. 3724)

Pengetahuan kedokteran moderen menunjukkan kalau memanglah tidur tengkurap beresiko, terlebih tidurnya nyenyak serta lama lantaran waktu tidur tengkurap automatis otot dada/otot pernapasan kita tidak bisa meningkatkan dada dengan baik danmaksimal, hingga aliran oksigen jadi lebih sedikit serta dapat menyebabkan jadi sesak nafas.
WAW SANGAT TIDAK DI DUGA TERNYATA ADA BEBERAPA WAKTU TIDUR YANG DILARANG OLEH ISLAM!! INI JANGAN ANDA ABAIKAN KARENA ADA FAKTANYA,SEMOGA BERMANFAAT WAW SANGAT TIDAK DI DUGA TERNYATA ADA BEBERAPA WAKTU TIDUR YANG DILARANG OLEH ISLAM!! INI JANGAN ANDA ABAIKAN KARENA ADA FAKTANYA,SEMOGA BERMANFAAT Reviewed by Unknown on 7:43 PM Rating: 5